Home Back Login Help/Faq
Welcome
 

For Lecturers

 

Pengumuman
Prosedur Penggunaan Lab. di masa pandemi COVID-19
(unduh PDF)  Form. izin: (unduh DOCX)
Lowongan KP Online di DTE di masa COVID-19
(unduh PDF)  Prosedur utk Lab.: Konversi, Telkom
Panduan & Prosedur Sidang Online di masa COVID-19
(poster 1)
(poster 2)
Selamat Datang. Website ini digunakan untuk keperluan:
  • Mahasiswa
    1. KP, Seminar, Skripsi
    2. Tesis, Penilaian Publikasi Ilmiah
    3. Penilaian Publikasi Ilmiah, MK Khusus S3 yang memerlukan sidang
    4. Yudisium/pendaftaran kelulusan
  • Dosen
    1. KP (melihat jadwal sidang, mengunduh berkas yang dibutuhkan)
    2. Seminar/Skripsi/Tesis/MK Khusus S3 (melihat isian dan memilih mahasiswa yang mengajukan pembimbingan, melihat jadwal sidang, mengunduh berkas yang dibutuhkan)
Anda mahasiswa yang belum tahu/lupa password? Kirim Password
Kerja Praktik (KP)
  • Prosedur pelaksanaan.
  • Dokumen yang perlu disiapkan
    1. Surat permintaan slot KP ke perusahaan, bila perusahaan membutuhkan. Mahasiswa meminta DTE untuk membuatkan surat ini dengan cara mengisi form ini, dan setelah surat tersebut siap, Mahasiswa menyampaikannya ke perusahaan.
    2. Lembar Evaluasi & Log Pelaksanaan KP. Log diisi setiap hari. Lembar evaluasi diisi dan ditanda tangani pembimbing harian dan utama, dan distempel perusahaan, dan setelah sidang akan ditanda tangani dan distempel pihak DTE.
    3. Lembar pengesahan laporan KP, harus ditanda tangani pembimbing harian dan utama, dan distempel perusahaan, dan setelah sidang akan ditanda tangani dan distempel pihak DTE.
  • Cara upload laporan KP
  • Tidak bisa melihat jadwal sidang KP? Jadwal Sidang KP Bila nama Anda muncul lebih dari satu namun dengan penguji dan jadwal yang sama, harap abaikan.
  • Bila terjadi perubahan judul &/ abstrak, Anda wajib mengupdatenya di website ini, karena SIAK akan memakai data dari website ini.
  • Teknis pelaksanaan sidang pada masa pandemi COVID-19:
    1. Mahasiswa membuat video rekaman presentasi KP (durasi max 10 menit, tampilkan wajah dan slide-nya) dan membuatnya bisa diakses dari internet dengan sebuah link (misal dengan mengunggahnya di Youtube).
    2. Mahasiswa mengirim file (a) laporan KP, (b) lembar pengesahan, (c) log harian, (d) lembar nilai dari perusahaan, (e) presentasi, dan (f) link video presentasi ke email para penguji, maksimal 36 jam sebelum sidang.
    3. Para penguji mengunduh form penilaian dan berita acara sidang.
    4. Mahasiswa membuat sebuah team di Microsoft Teams, dan meng-invite para penguji.
    5. Sidang berisi tanya jawab, tanpa presentasi, kecuali bila penguji memerlukannya. Seluruh sesi sidang harap direkam (akan otomatis tersimpan di Microsoft Stream).
    6. Beberapa mahasiswa yang dijadwalkan pada waktu yang sama harap bergabung dalam meeting sejak awal hingga akhir. Meskipun demikian, bila diperlukan, penguji berhak meminta mahasiswa yang tidak sedang disidang untuk leave.
    7. Selama sidang, mahasiswa tidak diperkenankan berkomunikasi dengan siapapun, baik offline maupun online, kecuali atas seizin dan sepengetahuan penguji.
    8. Salah satu penguji mengumpulkan isian nilai dan menjadikannya dalam 1 file, lalu mengirimnya ke email sekretariat. Tanda tangan basah akan dimintakan di kemudian hari.
  • Seminar
  • Prosedur pelaksanaan: Mahasiswa membuat pengajuan di D'Office, lalu menunggu assignment dosen pembimbing. Lalu apabila sudah siap sidang, mahasiswa mengunggah buku seminar dan log bimbingan di D'Office (lihat video panduan).
  • Pedoman format penulisan.
  • Dokumen yang perlu disiapkan
    1. Form evaluasi bimbingan (tidak perlu fom persetujuan sidang)
    2. Lembar pengesahan untuk disisipkan di buku untuk diuji
  • Bila terjadi perubahan judul &/ abstrak, Anda wajib mengupdatenya di website ini, karena SIAK akan memakai data dari website ini.
  • Khusus masa pandemi COVID-19: Sidang dilakukan secara online dengan pembimbing masing-masing. Pembimbing mengisi nilai di D'Office.
  • Skripsi/Tesis/MK Spesial S3
  • Prosedur pelaksanaan: Mahasiswa membuat pengajuan di D'Office, lalu menunggu assignment dosen pembimbing. Lalu apabila sudah siap sidang, mahasiswa mengunggah buku siap sidang dan log bimbingan di D'Office (lihat video panduan).
  • Pedoman format penulisan.
  • Dokumen yang perlu disiapkan
    1. Form evaluasi bimbingan & persetujuan sidang
    2. Lembar pengesahan sebelum sidang untuk disisipkan di buku untuk diuji.
    3. Lembar pengesahan setelah sidang mengikuti format UI (lihat Pedoman format penulisan di atas), untuk disisipkan di buku final/revisi pasca ujian.
  • Jadwal sidang: dapat dilihat di akun D'Office masing-masing. Bila tidak ada, lihat juga di Jadwal Sidang Skripsi/Tesis/MK Khusus S3
  • Bila terjadi perubahan judul &/ abstrak, Anda wajib mengupdatenya di website ini, karena SIAK akan memakai data dari website ini.
  • Lulus sidang Skripsi/Tesis bukan berarti lulus studi. Kelulusan studi ditentukan melalui Yudisium.
  • Yudisium
    • Merupakan proses pemeriksaan calon dan penetapan lulusan. Diawali di tingkat departemen, fakultas, lalu universitas.
    • Yudisium berikutnya: 2020/2021 Ganjil - Tahap II. Untuk mengikutinya, mahasiswa harus:
      • mengunggah kelengkapan berkas pasca sidang di http://ee.ui.ac.id/d-office/uji (login dengan SSO):
        • Scan lembar catatan perbaikan skripsi/tesis/desertasi yang telah ditandatangani lengkap (sebagai Supporting document)
        • Buku skripsi/tesis/desertasi final (PDF, sudah ditandatangani seluruh penguji dan pembimbing)
        • Buku skripsi/tesis/desertasi final (MsWord/editable)
        • File Presentasi (PPT/editable, bukan PDF)
        • Data hasil penelitian (zip, sebagai supporting document, sesuai arahan pembimbing)
        • Naskah ringkas berbahasa Inggris dengan format IEEE (5-15 halaman) atau format lain bila sudah disubmit ke conference/jurnal (MsWord/editable)
      • mengisi form permohonan ijazah paling lambat 22 Januari 2021 pukul 12:00 WIB.
    • Bila diperlukan, pengurus Yudisium akan menghubungi Anda. Pastikan email dan no. HP yang tertulis di biodata di SIAK aktif dan Anda periksa, termasuk di kotak spam.
    • Info Yudisium (poster)
    Penilaian Publikasi Ilmiah (S2)

    Prosedur:

    • Mengirim form yang telah diisi dan lampiran kelengkapannya ke sekretariat.elektroui@gmail.com
    • Konferensi: kelengkapan berkas:
      • paper
      • cover proceeding
      • daftar isi/jadwal presentasi dari proceeding/program book
      • sertifikat sebagai author/presenter
      • foto saat presentasi (screenshot apabila presentasi daring)
      • bukti bahwa paper sudah terpublikasi (misalnya IEEEXplor)
      • bukti bahwa paper sudah terindeks (misalnya Scopus)
    • Jurnal: kelengkapan berkas:
      • paper
      • cover jurnal dan halaman yang menampilkan informasi ISSN
      • daftar isi jurnal pada edisi yang bersangkutan
      • bukti bahwa paper sudah terindeks SCOPUS atau SINTA



    Best View with Mozilla Firefox




    Mata Kuliah Spesial - Semester Ganjil 2020/2021

    Mhs yg mengambil MK Seminar/Skripsi/Tesis di semester ini, harap mengajukan calon pembimbing di ee.ui.ac.id/d-office, di menu "Pendaftaran Tugas Akhir" maks tgl 30 Sep 2020. Hasil penetapan pembimbing juga akan diumumkan di halaman tersebut.

    Paparan sosialisasi terkait pembimbingan tugas akhir S1/S2/S3, termasuk daftar dosen yang bisa menjadi pembimbing di semester ini, dapat dilihat di sini.

    Timeline S1:

     Berkas Waktu Presentasi  Sebelum Presentasi  Sesudah Presentasi  
    Deadline Submit ke sekretariat Upload Deadline Submit ke sekretariat Upload
    1. KP
    (prosedur)

    9 - 30 Des 2020
    (online semasa Covid19)

    13 Nov 2020

    -

    Video panduan
    -
    -

     -

    2. Seminar
    (prosedur)

    Oleh dosen masing-masing

    Max. 10 Jan 2021
    20 Des 2020 (bila hanya ambil seminar di semester ini: 5 Jan 2021)
     -

    ke D'Office:
    - buku seminar (PDF)
    - log bimbingan
    - form evaluasi bimbingan (tanpa form persetujuan sidang, harap digabung dengan log bimbingan)

    15 Jan 2021

    -

    ke D'Office:
    - buku seminar setelah revisi (PDF)
    - buku seminar setelah revisi (DOC/editable)
    - PPT slide

    3. Skripsi
    (prosedur)

    Max. 10 Jan 2021

    30 Des 2020

    -

    ke D'Office:
    - Log bimbingan
    - Form evaluasi bimbingan (harap digabung dg log bimbingan)
    - Final Script (PDF) dengan lembar pengesahan*
    - Melengkapi ABSTRAK, JUDUL

    15 Jan 2021

    -

    ke D'Office:
    - Revised Final Script lengkap** (PDF)
    - Revised Final Script lengkap** (DOC/editable)
    - Lembar catatan & persetujuan revisi***
    - PPT slide
    - Format Paper (PDF)
    - Format Paper (DOC/Editable)

    * Lembar pengesahan tanpa TTD (atau e-TTD) penguji
    ** Dilengkapi lembar pengesahan dengan TTD (atau e-TTD) penguji, setelah revisi dikerjakan dan disetujui penguji
    *** Lembar ini diisi pembimbing saat sidang, diberikan ke mahasiswa untuk ditindaklanjuti, ditunjukkan ke pembimbing & penguji bersama hasil revisi


    Timeline S2:

     Berkas Waktu Presentasi  Sebelum Presentasi  Sesudah Presentasi  
    Deadline submit ke Sekretariat Upload Deadline submit ke Sekretariat Upload
    1. Publikasi Ilmiah

    Tidak ada Presentasi

    Formulir : Lembar permohonan, paper, acceptance letter, dokumentasi seminar, dll 

    2. Thesis Max. 10 Jan 2021
    30 Des 2020
    -

    ke D'Office:
    - Log bimbingan
    - Form evaluasi bimbingan (harap digabung dg log bimbingan)
    - Final Script (PDF) dengan pengesahan*
    - Melengkapi ABSTRAK, JUDUL

    15 Jan 2021

    -

    ke D'Office:
    - Revised Final Script lengkap** (PDF)
    - Revised Final Script lengkap** (DOC/editable)
    - Lembar catatan & persetujuan revisi***
    - PPT slide
    - Format Paper (PDF)
    - Format Paper (DOC/Editable)

    * Lembar pengesahan tanpa TTD (atau e-TTD) penguji
    ** Dilengkapi lembar pengesahan dengan TTD (atau e-TTD) penguji, setelah revisi dikerjakan dan disetujui penguji
    *** Lembar ini diisi pembimbing saat sidang, diberikan ke mahasiswa untuk ditindaklanjuti, ditunjukkan ke pembimbing & penguji bersama hasil revisi